WORKSHOP ONLINE STRATEGI PENULISAN ARTIKEL UNTUK PUBLIKASI PASCASARJANA UNY

Workshop Penulisan Artikel untuk Publikasi

Menulis merupakan ketrampilan yang membutuhakan pengetahuan, wawasan, referensi, dan juga pengalaman. Bagaimana dengan menulis artikel untuk publikasi?. Menulis artikel juga memerlukan ketrampilan agar artikel dapat diterima di sebuah jurnal yang bagus. Menulis juga dapat berkembang dari kurang bagus menjadi lebih baik dan lebih baik seiring dengan pengalaman, dan wawasan. Untuk mengupas tentang bagaimana menulis artikel untuk publikasi, Unit Publikasi secara reguler mengadakan workshop online strategi penulisan artikel untuk publikasi, baik bagi mahasiswa baru, mahasiswa semester atas, dan alumni Pascasarjana UNY.

Pada hari Selasa 27 Juli 2021 Unit Publikasi Pascasarjana UNY menyelenggarakan workshop online strategi penulisan artikel untuk publikasi bagi mahasiswa dan alumni Pascasarjana UNY. Narasumber  pada workshop tersebut adalah Bapak Prof. KH. Sugijarto, Ph.D. dan Ibu Endah Retnowati, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Beliau-beliau telah memiliki banyak pengalaman dalam menulis artikel, dan menerbitkan artikel di jurnal-jurnal internasional bereputasi. Ibu Endah Retnowati, S.Pd., M.Ed., Ph.D. juga merupakan pengelola jurnal Cakrawala Pendidikan (CP) yang terindeks Scopus milik Universitas Negeri Yogyakarta. Bapak Prof. KH. Sugijarto, Ph.D. memberikan materi tentang struktur artikel jurnal. Dan Ibu Endah Retnowati, S.Pd., M.Ed., Ph.D. tentang mengolah tesis/disertasi menjadi draf artikel jurnal.

Workshop online strategi penulisan artikel untuk publikasi bagi mahasiswa dan alumni Pascasarjana UNY tersebut sebagai upaya untuk membantu mahasiswa dan alumni Pascasarjana UNY dalam mempublikasikan artikel bagi yang belum memenuhi kewajiban publikasi syarat kelulusan. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai sarana memberikan wawasan kepada mahasiswa dan alumni Pascasarjana UNY untuk mengetahui tentang struktur artikel jurnal, cara membuatnya, mengolah hasil-hasil tesis/disertasi menjadi artikel jurnal dan menyesuaikan dengan jurnal target. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dan alumni untuk mengaplikasikan cara menulis artikel untuk publikasi. (sw)